Istimewa, Pojok Mobile JKN Hadir di RS Panti Rapih
Yogyakarta, (08/12/2022) – BPJS Kesehatan mengapresiasi hadirnya Pojok Mobile JKN di
Rumah Sakit Panti Rapih. Bukan aplikasi biasa, Aplikasi Mobile JKN kini menjadi andalan dan
langkah transformasi digital untuk layanan terbaik bagi peserta Program Jaminan Kesehatan
Nasional (JKN).
“Hadirnya Pojok Mobile JKN merupakan hal yang baik. Transformasi digital menjadi hal yang
krusial saat ini. Kami menggandeng fasilitas kesehatan untuk bersama-sama menuju kesana.
Jika kita mampu mengubah hal-hal manual menjadi digital, maka peserta JKN bisa
mendapatkan layanan yang lebih cepat, tepat dan pasti. Salah satunya dengan memaksimalkan
penggunaan Aplikasi Mobile JKN,” Kata Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin
Aristiawan saat meninjau Pojok Mobile JKN Rumah Sakit Panti Rapih, Rabu (07/12).
Dia menjelaskan, hadirnya Pojok Mobile JKN merupakan bukti keseriusan BPJS Kesehatan dan
fasilitas kesehatan mitra untuk memberikan layanan kesehatan yang mudah dan praktis bagi
peserta JKN. Peserta dapat berkonsultasi dengan petugas rumah sakit di Pojok Mobile JKN
untuk memanfaatkan aplikasi tersebut.
Aplikasi Mobile JKN menyediakan layanan antrean online yang terintegrasi dengan sistem
antrean rumah sakit. Kelebihannya, peserta JKN tidak perlu lagi mengantre lama atau bahkan
mengambil antrean sejak subuh. Peserta dapat mengambil antrean dari rumah dan datang
ketika perkiraan waktu layanannya sudah dekat.
“Melalui Aplikasi Mobile JKN peserta bisa mengambil antrean sejak dari rumah, beberapa hari
bahkan satu hari sebelum rencana kunjungannya ke rumah sakit. Kalau penggunaan Aplikasi
Mobile JKN dan antrean online sudah maksimal, saya yakin rumah sakit bisa lebih efisien.
Tidak perlu menyediakan banyak kursi tunggu maupun lahan parkir. Peserta akan datang
sesuai jadwal layanan dan tidak terjadi penumpukan antrean,” kata Edwin.
Direktur Keuangan Rumah Sakit Panti Rapih, Aemillanus Yollan Permana mengatakan,
pihaknya terus menggenjot penggunaan Aplikasi Mobile JKN bagi peserta JKN yang datang
berobat. Selain melalui Pojok Mobile JKN, pihaknya juga akan memantapkan pemahaman tim
internalnya tentang aplikasi ini. Hingga tataran petugas keamanan juga akan dibekali informasi
dan pengetahuan untuk memandu peserta mengunduh aplikasi.
“Pasien yang telah memiliki jadwal khusus atau jadwal kontrol kami edukasi untuk
menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Sehingga untuk kunjungan kontrolnya mendatang, ia bisa
mengambil antrean secara online. Ini memudahkan dan lebih pasti bagi peserta. Ada petugas
khusus yang memandu peserta mengunduh dan memanfaatkan aplikasi tersebut di Pojok
Mobile JKN. Petugas keamanan pun akan kami berikan pemahaman agar bisa memberikan
informasi aplikasi ini pada peserta,” pungkasnya. ***